Arti nama Iqbal Nurhadi

Sebagian besar teman, sahabat, dan lingkungan sekitarku tidak banyak yang tahu arti dari namaku, mungkin kalau dari tebakan asal bahasa mana, pasti semua sepakat, dari bahasa arab.

Nama iqbal berasal dari tashrifan kata bahasa arab Aqbala, yuqbilu, iqbaalan… yang berarti Terima, bahasa kejawennya Trimo. Sebuah arti nama yang membuat saya sangat bahagia, doa orang tua agar saya aware dengan sekitar, mampu menerima sense of humanity *lebay.com*. Amien.

Adapun Nurhadi berasal dari kata bahasa arab pula yang diambil dari asma’ul husna (99 nama keagungan Allah swt), yaitu, An-Nur dan Al-Haadi. Dimana an-nur memiliki makna Cahaya, dan Al-Hadi adalah Petunjuk. Perlu diketahui, jika teman-teman semua hendak menamai anak-anaknya dari Asma’ul Husna, harus dengan dua rangkaian nama asma’ul husna itu sendiri atau di awali dengan kata ‘Abdul, misal ‘Abdul Hadi.

Subhanallah, makna nama dan doa serta harapan orang tua terhadap anak-anaknya. Jika dirangkai menjadi satu rangkaian kata, maka sekali lagi Subhanallah indah dan juga berat dengan banyak konsekuensi, Penerima Cahaya Petunjuk. Sekali lagi makna nama yang berat dan membeban, namun terselip harapan besar dari doa orang tua kami.

Jadi, apa namanu? Apa juga maknanya? Pahami, maka teman-teman akan mengerti sebuah doa orang tua dari nama kita. Amien.

Posted in Personal
%d bloggers like this: