Memilih Kosa Kata Terbaik dalam Berucap

Tentu kita semua mafhum, bahwa istilah lidah tak bertulang menjadi gambaran betapa lidah tak bisa lurus dalam berucap, dia akan meliuk begitu dinamis mengikuti kata hati dan ketersediaan kosa kata yang dimiliki seseorang. Karena itulah sebagian besar dari kita secara sadar maupun tidak kurang mampu mengendalikan kosa kata terbaik untuk menyampaikan sesuatu.

Kita semua juga mengerti bagaimana efek dari sebuah ucapan seseorang terhadap orang lain. Dapat membuat seseorang bahagia bukan kepalang atau nyeri sakit hati tiada terkira, atau bahkan biasa saja karena dianggap orang yang berucap terlalu sering berucap tanpa adanya kontrol kosa kata.

Siapa sih diantara kita yang tidak tahu peribahasa-peribahasa mengajak kebaikan, mengingatkan, menyindir bahkan “menampar” perilaku kita secara halus. Namun sejauh mana kita dapat memahami dan mampu mengontrol diri untuk menyampaikan sesuatu tepat pada waktunya dengan rangkaian kata yang sejuk didengar.

Berapa banyak diantara kita melihat status facebook seseorang berstatuskan kata-kata mutiara yang menyemangati, mengingatkan dan menyindir kita yang mungkin hasil copy-paste atau retwit dari yang lain yang padahal jika dia sendiri membuat status sering tidak nyaman dibaca. Tak banyak yang menyadari bahwa kata mutiara disusun sedemikian rupa agar kita juga kala mengingatkan diri kita dan orang lain harus dengan cara yang terbaik.

Dibenak kita pasti berujar, ko malah jadi susah ya harus sampe mengontrol kosa kata saat berucap, memang kita dilarang berekspresi dari kata hati? Tahukan anda, mengapa para psikolog baik dalam maupun luar negeri sana sering manganjurkan kita berteriak lantang sebagai penyeimbang stres? Atau sebagai pengobat emosi? Penulis berpikir bahwa dengan berteriak tanpa berucap menyakiti jauh lebih baik dalam melepaskan emosi, tentulah tidak berteriak didepan orang yang sudah membuat hati kita tidak stabil.

Sebagian besar kita mungkin termasuk orang yang suka dengan show of atau ekspresif yang pajang pada status social media. Itu adalah hak anda, namun alangkah baiknya dipilih kosa kata terbaik yang kita miliki dan dipikirkan efeknya terhadap orang lain. Karena penyesalan tak pernah datang diawal.

Semoga bermanfaat…

Posted in General, Personal