Mulailah Dengan Tidak Menyepelekan Rencana Kerja

Untuk yang sudah berada pada perusahaan dan usaha mandiri sebaiknya mulai dengan sebuah perencanaan kerja atau perencanaan bisnis, dimana perencanaan itu juga yang akan mengukur kemampuan sebuah usaha mandiri atau perusahaan. Meski sebagian bisnis juga bisa maju tanpa adanya perencanaan, apalagi dengan adanya sebuah perencanaan sebagai barometer kemampuan baik finansial maupun kemampuan kinerja. Bagaimana gambarannya?

Lebih banyak dari kita terlalu menyederhanakan perencanaan kerja/usaha. Mungkin ilustrasi berikut ini cukup ampuh dalam memahami pentingnya sebuah perencanaan bisnis atau perencanaan kerja.

Sebuah rumah tidak akan bisa terbangun manakala gambar tata ruang / gambaran spesifikasi bahan baku tidak dibuat terlebih dahulu. Mungkin rumah tersebut akan bisa dibangun meski tanpa adanya gambar tata ruang, tapi bisa kita bayangkan betapa tidak teraturnya tata ruang bangunan bahkan ongkos pembangunannya. Gambaran tata ruang untuk sebuah bangunan sangat disarankan guna mengukur maksimalisasi kemampuan lahan dan keuangan yang kita miliki, sehingga tidak akan berantakan bahkan kelebihan anggaran srlain juga kita bisa menakar dari mana mulai pembangunanya sampai dari mana pula mendatangkan anggarannya.

Bisa dilihat dari ilustrasi diatas pentingnya sebuah perencanaan guna mengukur batas kemampuan dan batas perencanaan sebuah pola atau sistim kerja usaha. Kita bisa mengukur alur, mengukur sistim, mengukur anggaran hingga mengukur dari mana kita dapatkan anggaran untuk penyelesaian perencanaan.

Last, ini hanya sebuah gambaran kecil tentang pentingnya sebuah perencanaan.

Semoga berguna…

Posted in General, Personal