[Solved] Error: Couldn’t load XPCOM Zimbra Desktop di OpenSUSE 12.2 64bit

Yup, Zimbra Desktop, penulis ahirnya dapet perangkat kerja baru. Ga pake lama penulis langsung hajar OSnya pake Linux, openSUSE 12.2 64bit jadi pilihan. Padahal ini perangkat kerja dapet original genuine Microsoft Windows 7. Alasan kecil yang penulis buat hanya karena tuntutan pekerjaan, dan kenapa pilihan jatuh ke Linux OpenSUSE? pun karena distro linux ini paling komplit untuk masalah driver, jadi penulis tak perlu banya compile (mendahulukan segera bekerja dengan perangkatnya -oprek dikerjaan saja bukan diperangkat kerjanya). Terbukti semua driver terbaca mulus tanpa ada masalah berarti. Lantas mulus ga sih install Zimbra Desktop di System Operasi 64bit?

Zimbra Desktop dari webnya hanya mengeluarkan versi 32bit (lihat disini -versi terahir yang penulis gunakan, 7.2.1). Karena System Operasi yang penulis gunakan adalah 64bit, maka perlu sedikit operkan. Karena proses install tidak mulus, ada sedikit kekurangan yang harus dilengkapi, ahirnnya selesai install Zimbra Desktop, mundul error “Couldn’t load XPCOM.”

Setelah tanya-tanya ke Kang Google, ahirnya ketemu informasi kalo peulis perlu melengkapi Environtment untuk 32bit. Pertama lengkapi melalui YAST, masuk ke Software Management, pada menu Tab View, klikdrop down, pilih Patterns. Sampai disini, ter-list detail aplikasi-aplikasi pada kolom bagian kiri, cari di kategori Base Technologies>32-Bit Runtime Environtment. Setelah itu, beralih ke menu Tab Search, ketik xulrunner, jika muncul aplikasi pada bagian kolom hasil pencarian xulrunner dan xulrunner-32bit, centang. Sampai disini, klik Accept dan biarkan proses instalasi berjalan.

Selesai proses instalasi, coba kembali buka shortcut ke Zimbra Desktop, dalam kasus ini pernulis berhasil menjalankan Zimbra Desktop pada OpenSUSE 12.2 64bit. Oh iya, selain itu juga penulis beranggapan bahwa pembaca sudah memahami prosedur instalasi Zimbra Desktop dan telah selesai melakukan instalasi pada perangkat kerja. Selain itu, OpenSUSE yang penulis gunakan terhubung dengan internet dan system hasil update terahir.

Semoga bermanfaat.

Posted in Oprek Tagged with: , , ,