RFID Pengendali BBM Bersubsidi [Opini]

image from ROL (Republika Online)

Bukan bermaksud berburuk sangka, bukan pula bermaksud memberi penilaian negatif terhadap fenomena pemasangan alat Radio-frequency identification (RFID) untuk pengendali penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) Premium. Belakangan ini penulis merasa ada yang membuat kurang sreg secara subjectif terhadap fenomena ini, apalagi pemasangan ini memiliki dampak yang begitu terasa, padatnya lalu lintas disetiap pintu masuk SPBU.

Belasan hingga puluhan kendaraan roda empat mengantre untuk melakukan pemasangan RFID ini, bagi penulis, adalah hak setiap pemilik kendaraan roda empat tersebut untuk melakukan pemasangan RFID. Namun yang menjadi titik point penulis adalah, begitu banyaknya pemilik kendaraan roda empat yang sangat berniat menggunakan RFID ini berarti juga begitu berniat menggunakan BBM bersubsidi.

image from Detik FinanceBagi penulis, apa yang tampak adalah pengguna BBM bersubsidi setidaknya bisa diwakili dari panjangnya antrean pemilik kendaraan roda empat selama pemasangan RFID ini. Sejauh ini penulis belum menemukan/melihat secara langsung (hingga tulisan ini dibuat) antrean pemilik kendaraan roda dua maupun angkutan umum melakukan pemasangan RFID pengendali BBM bersubsidi.

Entah karena memang begitu merasa besarnya beban operasional harian penggunaan BBM hingga pemilik roda empat memilih BBM bersubsidi, atau memang ada pertimbangan lain yang subjectif, entahlah. Semoga mengantre-nya pemilik kendaraan roda empat guna pemasangan RFID ini membangun jembatan niatan pemilik roda empat tersebut beralih ke BBM non-subsidi.

Sebagai catatan penulis saja, BBM adalah bahan utama, jika pemerintah membatasi agar jangan sampai mengganggu rejeki rakyat yang sudah pas-pasan bahkan kurang, DZALIM.

Posted in General, Info Tekno, Personal Tagged with: ,