Kenaikan Elpiji dan Tahun Politik 2014 [opini]

Gas Elpiji 12Kg

image from rri.co.id

2014 saat ini dikenal dengan sebutan tahun politik, dimana pada tahun ini akan ada banyak moment politik, pergantian dan atau perpanjangan pelaku politik praktis di Indonesia. Menurut empirik yang penulis pelajari, biasanya pada tahun politik akan semakin banyak budaya pencitraan yang dibentuk baik oleh pemerintah maupun politisi senayan hingga kacangan, lantas apa elpiji bagian dari skenario tahun politik ini?

Sekali lagi berkaca pada empirik, semenjak beberapa periode pemerintahan pasca reformasi, tahun tahun politik sering selalu berkaitan dengan pencitraan dan berbagai macam bantuan, seperti sudah menjadi sebuah kesepakatan, pada tahun tahun politik harga-harga dasar kebutuhan akan melambung, rupiah melemah, daya beli juga semakin kian merosot, seperti rakyat dipaksa menjadi miskin.

2013 menjadi titik awal kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang banyak digunakan masyarakat, kini seperti “nabok nyilih tangan” pemerintah melalui PERTAMINA berencana menaikan Gas Elpiji. Entah ini hanya dibuat-buat saja yang akan berujung tetap tidak akan dinaikan karena “usul” pemerintah yang “membela” rakyatnya atau memang ini merupakan rencana bisnis utuh dari PERTAMINA. Mengingat, tahun politik cenderung menjadi tahun yang digunakan untuk melakukan penetrasi pencitraan dengan berbagai cara.

Karena, jikapun ini merupakan rencana bisnis PERTAMINA, kenapa dimunculkan pada saat tahun politik, kenapa tidak 2 atau 3 tahun yang lalu? Kenapa juga tidak dilakukan rutin setiap tahun dengan kalkulasi bisnis murni? Jikapun tetap akan naik, penulis yakin akan ada banyak skenario politik untuk membentuk pencitraan lain, misal BLT.

Apapun yang berkaitan dengan rakyat, ditahun politik ini rasanya kita sebagai masyarakat selalu wajib mencurigainya, sejauh ini seperti itulah adanya, toh juga secara empiris sudah menjadi banyak bukti. Ini hanya sebuah opini penulis yang tidak berada didunia politik praktis, tentang kebenarannya, kita tunggu saja bersama seperti apa nantinya, hanya rencana yang dibuat-buat kah atau lainnya?

Semoga menjadi sebuah sudut pandang lain dari apa yang sedang kita pegang. Wallahu ‘Alam…

Posted in General, Personal
One comment on “Kenaikan Elpiji dan Tahun Politik 2014 [opini]
  1. S Hadi says:

    #copasdarifb
    Alkisah mengenai gonjang ganjing harga….
    Mr P: Jadi kita mau menaikkan harga berapa puluh ribu?
    Mrs K: Sementara ini, cukup 30 ribu saja.
    Mr P: OK, kamu naikkan dulu 50 ribu ya.
    Mrs K: Lho?
    Mr. P: Nanti setelah ada gejolak, saya akan minta diturunkan. Kita turunkan 20 ribu. Jadi target naik 30 ribu tercapai, dan saya juga dapat pencitraan bagus karena berhasil menurunkan harga. Deal?